Buah adalah makanan yang manis dan lezat untuk sehari-hari. Kaya mengandung vitamin, air dan lain-lain
Home » Buah Tomat » Cara Menanam Tomat dari Biji

Cara Menanam Tomat dari Biji


Berikut ini teknik cara menanam tomat dari biji yang dapat dilakukan anda di rumah sendiri dengan mudah dan benar. Berikut langkah-langkahnya:
Cara Menanam Tomat dari Biji

Cara Menanam Tomat dari Biji

1. Pertama, pilih Tomat yang akan ditanam. Hindarilah menggunakan Tomat hibrida sebab buah dan bijinya banyak mengandung bahan kimia.
2. Setelah itu, belah Tomat menjadi dua bagian. Ambil bijinya dengan sendok dan letakkan ke dalam mangkuk bersih. Tidak perlu repot untuk mengambil biji itu.
3. Kemudian diamkan biji dalam mangkuk tersebut selama 2-3 hari, karena hal itu dilakukan sebagai proses fermentasi dan tujuannya untuk mencegah penyakit yang bisa menyerang tanaman saat tumbuh lagi. Setelah selesai, cuci bersih biji tersebut dengan air segar dan tambahkan beberapa cuka dan garam pada saat mencuci biji tersebut. Perhatikan dengan baik, benih buruk akan terapung saat dicuci jadi sesegeralah buang biji tersebut.. Sekarang, keringkan benih tersebut.
4. Setelah benih tersebut sudah kering, benih masih belum dapat ditanam. Selain itu, kita harus menyimpan biji yang kjering di dalam plastik dan menaruhnya di dalam lemari es selama 1-2 minggu.
5. Nah, Kalian sekarang bisa menebar benih di dalam pot agar tanaman tomat bisa tumbuh dengan mudah. Taruh 2-3 biji dalam satu pot, kemudian tutup dengan tanah. Biarkan selama seminggu namun tetap siram sedikit air untuk menjaga kelembapan.
6. Pot berisi benih tomat sebaiknya disimpan di tempat hangat. Kalian boleh menaruhnya di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Namun lekas kembalikan di tempat yang teduh.
7. Kalau tomat sudah tumbuh sekitar 4-5 cm, Kalian bisa memindahkannya di kebun. Jangan lupa untuk tetap menyiramnya secara teratur.
8. Hindari memangkas daun-daun tanaman tomat. Ada mitos pemangkasan bisa mempercepat pertumbuhan tomat, sayangnya hal itu tidak benar.

Nah, itu dia langkah-langkah menanam tomat dari biji. Jangan lupa melindungi tanaman Kalian dari serangan hama. Setelah berbuah, Kalian pun bisa menikmati tomat segar dari kebun sendiri
Title : Cara Menanam Tomat dari Biji
Link: Aku Buah Sehat
Notes: If you want copy my article, please link to us and press Ctrl + D to bookmark

New :

0 komentar:

Posting Komentar