Buah adalah makanan yang manis dan lezat untuk sehari-hari. Kaya mengandung vitamin, air dan lain-lain
Home » Buah Okra » Informasi buah Okra

Informasi buah Okra


Informasi buah Okra
Okra adalah sayuran yang sangat sehat untuk dikonsumsi meskipun sayuran ini sendiri tidak begitu populer di negara kita. Tanaman yang telah lebih dari seabad lalu dibudidayakan di indonesia dan biasa disebut bendi ini ternyata malah lebih populer di negara lain seperti India, Srilanka, Malaysia, Singapura, negara-negara Eropa, Afrika Barat, Brasil, Saudi Arabia dan Jepang. Bahkan saat ini ekspor ke Jepang jumlahnya sangat besar. Di Jepang buah okra dikenal dengan sebutan okura yang biasa disajikan dengan bumbu kecap dan katsuobushi, atau sebagai tempura. Di Malaysia, buah okra sering dimasak dengan tahu dan diberi nama yong tau foo. Di negara-negara timur tengah, buah Okra banyak dimasak bersama daging. Di kepulauan Karibia dan Haiti, okra sangat umum dimasak dengan nasi atau jagung. Sedangkan di India dan pakistan, okra biasa dimasak menjadi kare.

Buah Okra (Abelmoschus esculentus) ampuh menurunkan kadar gula darah, Dari segi fisik maupun cita rasa sekilas buah okra serupa dengan oyong, namun okra hanya memiliki panjang sekitar 12~15 cm dan jika dipotong akan terlihat biji-biji kecil dan buahnya sedikit berlendir.

Dari sisi nutrisi, buah okra tinggi kandungan serat dan vitamin sehingga sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Serat di dalam okra dapat mengikat zat karsinogen penyebab kanker di dalam saluran pencernaan.

Pada biji buah okra terdapat minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh seperti asam oleat dan asam linoleat. Buahnya sendiri mengandung protein cukup tinggi serta rendah kalori. Selain itu, buah okra juga termasuk sayuran hijau yang kaya akan serat pangan dan glutation yang bisa mencegah konstipasi, obesitas, kolesterol tinggi, diabetes (kencing manis), dan kanker kolon.

Manfaat Buah Okra Untuk Mengobati Diabetes

Buah okra disamping lezat dinikmati sebagai santapan sayuran ternyata juga sangat berkhasiat sebagai obat. Beberapa riset menunjukkan bahwa buah okra dapat membantu menstabilkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Menurut Ms. Sylvia Zook PhD, seorang ahli gizi dari University of Illinois, buah okra memiliki beberapa manfaat, salah satunya yaitu sangat baik bagi penderita kencing manis. Serat unggul yang ditemukan dalam buah okra membantu untuk menstabilkan gula darah dengan membatasi tingkat di mana gula diserap dari saluran usus.

Khasiat buah okra sebagai penurun gula darah terbukti dalam riset Uraku A.J. bersama rekan di Departemen Biokimia, Ebonyi State University, Nigeria. Mereka memanfaatkan 60 ekor tikus albino dan membaginya ke dalam beberapa grup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah okra memiliki efek hipoglikemik dan dapat digunakan dalam pengobatan diabetes. Dan hasil penurunan glukosa darah tertinggi didapatkan pada grup yang mengonsumsi 800 mg ekstrak per kg bobot tubuh, yakni sebanyak 38,7 mg/dl.

Penelitian lain yang dipublikasikan oleh “Journal of Pharmacy & Bioallied Sciences 2011” dengan judul “Anti diabetic and anti hyperlipidemic potential of Abelmoschus esculentus (L.) Moench in streptozotocin-induces diabetic rats” menyarankan bahwa ekstrak dari buah okra merupakan tumbuhan obat yang dapat membantu melawan diabetes. Hasil dari penelitian tersebut adalah adanya penurunan yang signifikan pada kadar glukosa darah dan kadar profil lipid dengan pemberian ekstrak buah okra pada tikus yang menderita diabetes mellitus.

Sedangkan dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam ISRN farmasi pada 2011, menunjukkan bahwa buah okra dapat membantu mengurangi penyerapan glukosa, yang pada gilirannya akan mengurangi kadar gula darah. Para peneliti mencatat bahwa buah okra merupakan sumber yang kaya serat dan telah digunakan secara tradisional untuk mengontrol diabetes. Selain itu, buah okra memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga menjadikannya sebagai pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

Namun para ahli kesehatan menganjurkan untuk menghindari konsumsi buah okra bersamaan dengan konsumsi metforin pada penderita diabetes. Karena hal tersebut justru akan menambah kadar gula darah pada si penderita.

Cara Memanfaatkan Buah Okra Sebagai Obat Diabetes:

Berikut ini cara untuk memanfaatkan buah okra sebagai obat bagi penderita diabetes yang berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah:

– Ambil dua buah okra yang masih muda

– Potong menjadi beberapa irisan, getah okra akan keluar dan jangan dicuci

– Rendam irisan kedalam segelas air minum, tutup gelasnya dan diamkan selama semalam

– Minumlah air rendaman buah okra pada pagi hari sebelum sarapan

– Lakukan setiap hari, dan kadar gula darah Anda akan turun.

konsumsi rendaman okra untuk mengontrol gula darah

Minum air rendaman buah okra setiap hari untuk mengontrol kadar gula darah

Okra mentah lebih baik dibanding okra yang telah dimasak. Sebenarnya apa yang membuat buah okra sangat bermanfaat bagi penderita diabetes? Sayuran berwarna hijau ini merupakan makanan rendah GI (Glycemic Index) dengan Nilai GI 20. Semua penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah GI.

Setelah seorang penderita terkena diabetes tipe 2, kondisi ginjal akan terpengaruh. Buah okra bisa menjaga kesehatan ginjal agar terhindar dari penyakit.

Terakhir, buah okra adalah makanan dengan serat larut. Serat larut sangat penting bagi penderita diabetes untuk mencerna karbohidrat. Okra yang kaya serat larut akan memperlambat proses pencernaan karbohidrat dan mengurangi dampak terhadap kadar gula darah.
Title : Informasi buah Okra
Link: Aku Buah Sehat
Notes: If you want copy my article, please link to us and press Ctrl + D to bookmark

New :

0 komentar:

Posting Komentar