Buah adalah makanan yang manis dan lezat untuk sehari-hari. Kaya mengandung vitamin, air dan lain-lain
Home » Buah Mengkudu » Solusi Mengatasi Diabetes dengan Mengkudu

Solusi Mengatasi Diabetes dengan Mengkudu


Solusi Mengatasi Diabetes dengan Mengkudutahukah Anda Mengkudu termasuk buah dengan kandungan proxeronine di dalamnya. Proxeronine merupakan bahan baku alkaloid dalam tubuh dan berfungsi untuk membuka pori–pori sel sehingga nutrisi dapat lebih mudah masuk ke dalam sel.

Selain nutrisi, melebarnya pori-pori sel tersebut juga semakin memudahkan sekresi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat.

Seperti dijelaskan melalui obatdiabetesmelitus.net, kemampuan alamiah proxeronine tersebut menjelaskan khasiat buah mengkudu dalam hal mengatasi diabetes.

Solusi Mengatasi Diabetes dengan Mengkudu
Cek Kadar Gula Diabetes

Adapun cara mengolah mengkudu menjadi obat diabetes antara lain sebagai berikut.

1. Bisa dimakan langsung bila Anda tahan akan rasa pahit dari buah mengkudu itu

2. Mengkudu yang telah dicuci bersih,ekstrak akan mengkudu diperas dibuat minuman/jus yang dicampur dengan madu atau perasa lain untuk menghilangkan baunya yang menusuk.

Untuk bahan obat umumnya masing-masing direbus dengan air kira-kira 3 gelas sampai mendidih dan jumlah air berkurang menjadi 1 gelas, lalu airnya diminum.

3. Jika Anda tidak tahan akan rasa pahit dari buah mengkudu, inovasi lain, seperti dijelaskan ervanprasetyo13.blogspot.com, bisa digunakan dengan cara mengiris tipis-tipis kira-kira diameternya ¼ cm tebalnya.

Setelah diiris-iris kemudian dijemur kira-kira 2-3 hari di bawah sinar matahari. Pada waktu dijemur, mengkudu ditutupi kain warna hitam karena kain warna hitam menyerap panas matahari, tetapi mencegah penyerapan sinar ultra-violet sehingga zat aktif ultravioletnya tidak masuk ke dalam mengkudu.

Setelah mengkudu dikeringkan sampai kadar airnya tinggal 10%, kemudian dimasukkan ke dalam plastik dan disimpan di tempat yang kering jika belum akan diproses.

4. Mengkudu dibuat jus dan dicampur dengan gula yang rendah kalori serta diberi sedikit madu untuk menghilangkan baunya. Takaran jus mengkudu untuk penderita diabetes adalah sebanyak 15 ml/50 kg berat badan diberikan 2 kali sehari pada pagi dan malam hari kira-kira setengah jam sebelum makan nasi atau 2 jam sesudah makan nasi, agar penyerapan atau absorbsi bahan aktif dalam ekstrak buah mengkudu tersebut berjalan sempurna.

Semoga bermanfaat.
Title : Solusi Mengatasi Diabetes dengan Mengkudu
Link: Aku Buah Sehat
Notes: If you want copy my article, please link to us and press Ctrl + D to bookmark

New :

0 komentar:

Posting Komentar